Minggu, 23 September 2012

Materi Belajar TIK SMA

Bahan Ajar TIK SMA (Terlengkap)


Sebelumnya saya mohon maaf karena telah lama posting dikarenakan kesibukan selama ini yang sangat menyita waktu saya sehingga untuk waktu yang lama tidak terdapat posting baru.


Pada kesempatan ini akan saya posting alamat untuk mendownload bahan-bahan ajar TIK untuk SMA kelas X, XI dan XII versi lengkap dalam bentuk file PDF dengan Judul BUKU PELAJARAN TIK UNTUK SMA yang tentunya Gratis.


Buku ini dibuat dan disebarluaskan secara gratis atas kerja sama TELKOM, DEPDIKNAS dan DEPKOMINFO, di tulis oleh Julianto Arief Setiadi (kelas X Sem 1), Onno W. Purbo (Kelas X Sem 2 dan Kelas XI Sem 1,2), Siswanto dan Nanang Kuswana (Kelas 3 Sem 1), Bayu Pratama dan Lusi Endang (Kelas 3 Sem 2).


File bahan ajarnya dalam bentuk PDF yang ukurannya relatif besar-besar dan dipisah berdasarkan kelas dan semester.
Silahkan download bahan ajarnya pada link dibawah ini :
Bahan Ajar TIK SMA TERLENGKAP


Semoga informasi ini dapat membantu dan bermanfaat


Formula Ms Excel 2003


Posting sebelumnya pernah saya berikan kumpulan-kumpulan Formula/Rumus yang digunakan dalam Microsoft Excel dalam bentuk E-Book yang berbahasa inggris.
Sekarang akan kembali saya Posting Kumpulan-kumpulan Formula/Rumus Ms Excel tidak dalam bentuk E-Book, tetapi dalam bentuk Worksheet (file Excel) yang dapat langsung dicoba, dan dapat dijadikan sebagai bahan latihan.


Worksheet Kumpulan Formula Excel ini terdiri dari Fungsi Logika, Fungsi Informasi, FungsiTeks, Fungsi Lookup (Ref), Fungsi Tanggal dan waktu, Fungsi Database, serta Fungsi Matematika dan Trigonometri


Selain untuk belajar sendiri, Worksheet ini juga sangat cocok digunakan oleh tenaga pengajar / guru sebagai bahan ajar kepada anak didiknya, karena Worksheet ini lebih interaktif, lengkap dengan keterangan cara penggunaannya dalam bahasa indonesia dan juga disertai beberapa soal-soal latihan yang dapat di coba dan dikerjakan untuk menguji kemampuan


File Worksheet Kumpulan Formula Ms Excel 2003 dapat di download pada Link-link dibawah ini :
Semua file-file yang anda download diatas, harus diektrak terlebih dahulu menggunakan Winrar sebelum menggunakannya. Jika tidak memiliki Software untuk mengekstrak file-file tersebut bisa anda gunakan software alternatif yang Gratis / Free untuk mengektraknya yang dapat di download disini


Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI)


Tim Olimpiade Komputer Indonesia atau yang sering disingkat menjadi TOKI adalah sebuah tim yang terdiri dari siswa/i terbaik sekolah menengah di Indonesia yang dipersiapkan untuk mewakili Indonesia bertanding dalam ajang olimpiade sains tingkat internasional.


Proses seleksi siswa/i tersebut tidaklah singkat dan mudah. Wakil-wakil dari sekolah-sekolah seluruh Indonesia harus melalui seleksi tingkat kabupaten/kota ke propinsi hingga nasional (mulai tahun 2002 dijadikan OSN, dengan gabungan beberapa bidang lainnya). Dari seleksi tingkat nasional tersebut akan didapatkan 30 siswa/i yang berhak melaju ke pelatihan nasional (pelatnas).


Pada pelatnas itu lah, siswa/i akan dibekali dengan materi-materi dan dilatih lagi baik secara teknis maupun psikis. Pelatnas yang diadakan 4 kali dalam satu tahun tersebut pada akhirnya akan menyisakan 4 siswa/i yang berhak maju ke ajang internasional. untuk penjelasan lebih lanjut silahkan kunjungi website TOKI


Bagi guru-guru Bidang Studi TIK di sekolah menengah yang akan menseleksi dan membimbing siswa-siswi yang akan mewakili sekolahnya masing-masing untuk mengikuti seleksi awal Olimpiade Komputer Indonesia Tingkat Kabupaten/kota, dibawah ini ada saya berikan beberapa Link Website yang mungkin berguna untuk membantu Bapak/Ibu guru dalam mempersiapkan Siswa-siswinya untuk mengikuti seleksi tersebut khususnya untuk bahan/Materi Pemograman Turbo Pascal
Link-Linknya sebagi berikut :
Semoga Bermanfaat


Bahan Ajar TIK Materi Jaringan Komputer dan Pengenalan Internet


Kali ini akan saya sajikan Bahan-bahan ajar TIK untuk kelas XI Semester 1 (satu) yaitu tentang Materi Jaringan Komputer dan Pengenalan Internet.


Bahan-bahan yang saya berikan ini berasal dari berbagai Website di Internet yang saya anggap cocok dan sesuai dengan Silabus KTSP.


Untuk Jaringan Komputer bahan-bahannya terdiri dari pengenalan Jaringan Komputer, Topologi Jaringan dan Istilah-Istilah yang sering di gunakan dalam Jaringan Komputer.


Sedangkan untuk Bahan-bahan pengenalan Internet terdiri dari, Perangkat keras untuk akses Internet, Tutorial penggunaan internet dan Modul/Tutorial lainnya yang berhubungan dengan penggunaan Internet.


Bahan-bahan ajarnya dapat di download pada Link di bawah ini:
Bahan Ajar Jaringan Komputer
  1. Jaringan Komputer
  2. Topologi Jaringan
  3. Istilah-Istilah dalam jaringan Komputer
Bahan Ajar Pengenalan Internet
  1. Perangkat Keras untuk Akses Internet
  2. Pinter dengan Internet (karangan : Rosihan Ari)
  3. Pengenalan Internet
  4. Tutorial Internet
Semoga bermanfaat


Bahan Ajar TIK SMA English Version


Setelah sebelumnya pernah saya berikan bahan ajar TIK untuk SMA dalam bahasa Indonesia, kini akan diberika Link yang menyediakan bahan ajar dalam bentuk Tutorial Singkat.


Link yang akan saya berikan ini berisikan Tutorial-tutorial singkat untuk belajar Komputer, tentang Microsoft windows, Ms. Office dan lainnya. semunya disajikan dengan singkat menggunakan bahasa Inggris dan Filenya dalam bentuk PDF


Selain tutorial diatas, juga di website tersebut terdapat, Silabus dan RPP untuk beberapa pelajaran.
untuk dapat mendownload Bahan ajar tersebut silahkan kunjungi alamat dibawah ini :
Semoga Bermanfaat

Free E-Book Tambahan 2


Melanjutkan posting yang lalu, kini akan saya berikan kembali beberapa Ebook yang menarik untuk anda baca.


Ebook kali ini berbahasa Inggris, yang isinya seputar masalah komputer, seperti Photoshop CS3, Web Design dan beberapa judul lainnya yang sangat menarik untuk dibaca.


Ebook ini didownload melalui Rapidshare dan megaupload, dan filenya pun agak sedikit besar.
Link downloadnya dapat dilihat dibawah ini :
Judul yang dapat didownload sebagai berikut:
Untuk judul-judul Ebook dibawah ini akan saya beri Link Downloadnya pada posting selanjutnya atau jika anda sangat menginginkannya Silahkan Request melalui Kolom Komentar dengan meninggalkan alamat email. Semuanya dijamin GRATIS !
  • Learn How to Repair Computers: Get Certified in 15 Weeks
  • PC Error Solved ... Ebook
  • Hacking: The Art of Exploitation
  • Windows Hidden Tools
  • Wireless and Mobile all IP networks
  • Hacking Firefox More Than 150 Hacks,Mods and Customizations
Semoga Berguna

Kumpulan Formula Ms Excel 2003


Pada kesempatan ini akan saya posting kumpulan-kumpulan Formula/rumus yang digunakan pada Microsoft excel 2003, dalam bentuk Buku/E-Book dengan Judul "Microsoft Office Excel 2003 Formulas" Karangan John Walkenbach.


Buku ini sangat berguna bagi anda yang ingin mengusai Rumus-rumus yang digunakan dalam Ms Excel 2003.


Buku ini berbahasa inggris dengan jumlah halaman sebanyak 868 halman dalam bentuk File PDF.


File PDF nya cukup besar sekitar 12 MB, karena itu File downloadnya terbagi atas 4 bagian dengan Format RAR dengan maksud memudahkan dalam mendownloadnya nanti. Jika Sudah didownload ke 4 bagian file RAR tadi, kumpulkan dalam 1 Folder dan tinggal di ekstrak.
File PDF nya dapat di download dibawah ini
Semoga Bermanfaat


Bahan Ajar TIK SMA Kelas XI Semester 1


Sudah lama saya tidak melakukan posting Bahan Ajar TIK dikarenakan keterbatasan bahan yang saya dapatkan. Kali ini akan saya posting bahan Ajar TIK SMA untuk kelas XI semester 1 dengan bahan Seputar Internet dan Jaringan Komputer.


Bahan yang saya posting ini ada dalam bentuk Modul (microsoft Word) dan dalam bentuk Slide PowerPoint. Seperti biasa dikarenakan bahan ini saya dapat dari bebagai sumber, diharapkan untuk mengevaluasi dahulu demi memperoleh kesempurnaan dan menghindari kesalahan konsep.
Bahan-bahannya dapat didownload langsung pada link-link dibawah ini :
Semoga Bermanfaat

Bahan Ajar TIK SMA (Tambahan 2)


Bahan ajar kali ini saya saya ambil dari artikel terbaru pada www.ilmukomputer.com yang sesuai dengan Silabus KTSP untuk TIK SMA.


Bahan-bahan ajarnya terdiri dari, Microsoft Word 2007 untuk kelas X (Semester 2), Microsoft PowerPoint untuk kelas XII (semester 2) dan Corel Draw X3 untuk kelas XII (semester 1).
Link Download bahan-bahan ajarnya dapat di ambil pada Link dibawah ini :


Slide PowerPoint Bahan Ajar TIK SMA Kelas XI (tambahan)


Posting kali ini saya kirimkan lagi bahan ajar TIK SMA untuk kelas XI dalam bentuk Slide PowerPoint yang siap digunakan.


Slide berikut ini saya ambil dari website SMA 1 Tarakan yang terdiri dari dua bahan ajar yaitu Tentang Jenis-jenis Jaringan dan Topologi jaringan.


untuk bahan ajar TIK SMA yang lain akan terus saya Posting dan saya lengkapi pada Postingposting selanjutnya.File bahan ajarnya dapat di download pada Link yang saya berikan dibawah ini
Bahan ajar TIK SMA kelas XI


Slide PowerPoint Bahan Ajar TIK SMA Kelas X


Setelah pada posting sebelumnya saya kirim Silabus dan RPP TIK untuk SMA serta Bahan Ajarnya dalam bentuk Modul, kurang lengkap rasanya jika tidak saya kirimkan juga Bahan Ajar untuk guru dalam bentuk Slide PowerPoint yang siap Pakai.


Beberapa Slide Power Point ini ada yang saya buat sendiri untuk mengajar TIK dan ada juga yang saya ambil dari rekan-rekan sesama guru TIK serta dari beberapa saya dapat dari Internet.


Slide PowerPoint bahan Ajar TIK untuk SMA yang saya kirimkan ini masih banyak kekurangan baik dari segi isinya maupun penyajiannya. Diharapkan untuk mengkoreksi kembali isinya sebelum digunakan untuk mengajar.
Slidenya apat didownload pada Link dibawah ini :
Jika terdapat Masalah dan ada Link yang rusak silahkan isi kolom komentar


Semoga bermanfaat

Slide PowerPoint Bahan Ajar TIK SMA Kelas XI dan XII


Menyambung Posting sebelumnya, pada posting kali ini akan saya lanjutnya dengan mengirim Slide Bahan Ajar TIK untuk SMA Kelas XI dan XII.


Memang Slide yang saya kirimkan masih belum lengkap dan masih sedikit, tetapi saya akan berusaha untuk terus mengirimkan Slide-slide bahan ajar lainnya pada posting selanjutnya.
File Slidenya dapat didownload pada Link dibawah ini :
Jika terdapat masalah dan kendala serta menemui Link Download yang rusak, silakan isi Kolom Komentar dibawah ini.


Semoga berguna


Bahan Ajar TIK untuk SMA (Tambahan)


Posting sebelumnya ada saya kirimkan beberapa bahan-bahan ajar TIK SMA untuk kelas X, kini akan saya tambahkan lagi beberpa bahan-bahan ajar TIK untuk SMA yang sesuai dengan Silabus KTSP yang saya susun sendiri dan juga berasal dari Ilmu Komputer.Com


Untuk kelas X semester 1 tidak saya kirimkan lagi karena telah lengkap pada posting sebelumnya atau dapat dilihat kembali disini, kini hanya saya tambahkan bahan Ajar untuk Kelas X semester 2, Kelas XI semester 2 dan Kelas XII semester 1 dan 2. Untuk bahan Ajar kelas XI semester 1 tidak dapat saya kirimkan karena masih dalam tahap penyusunan.


Daftar lengkap bahan ajarnya dapat di download pada Link dibawah ini :
Bahan Ajar TIK SMA Kelas X Semester 2

Bahan Ajar TIK SMA Kelas XI semester 2


Bahan Ajar TIK SMA Kelas XII Semester 1

Desain Grafis (Adobe Photoshop) ( Sumber: Ilmu Komputer.com)
Desain Grafis (Corel Draw) ( Sumber: Ilmu Komputer.com)


Bahan Ajar TIK SMA Kelas XII Semester 2
Terdapat link Download yang rusak, atau Pertanyaan, kritik dan saran dapat ditulis pada kolom komentar dibawah ini.


Semoga dapat membantu

Bahan Ajar TIK SMA Kelas X Semester 2


Setelah Posting Sebelumnya tentang Bahan Ajar Pelajaran TIK SMA kelas X semester 1, Kini akan saya Postingkan juga Bahan Ajar TIK SMA Kelas X untuk semester 2.


Pada Semester 2, bahan yang akan diajarkan tidak begitu banyak dan lebih ditonjolkan pada Praktek, karena itu untuk bahan ajar yang disajikan tidak harus berasal dari buku Paket, bisa berasal dari sumber apa saja yang penting sumber bahan ajar tersebut sesuai dengan Kurikulum dan Silabus KTSP yang telah disusun.


Bahan Ajar TIK SMA kelas X untuk semester 2 bahan-bahannya terdiri dari 2 (dua) BAB yaitu:
  • BAB 1. Manajemen File
  • BAB 2. Perangkat Lunak Pengolah Kata (Microsoft Office Word)


Karena Topik yang diajarkan disemester 2 ini merupakan Topik umum jadi bahan yang saya berikan ini semuanya berasal dari artikel di Internet yaitu dari Ilmu Komputer. Com
pada Website tersebut terdapat ratusan bahan ajar untuk TIK yang bebas anda didownload secara gratis tanpa perlu mendaftar. Dibawah ini ada sebagian bahan ajar TIK yang saya ambil Link nya dari Ilmu komputer.com untuk mencari lebih banyak lagi Bahan Ajar TIK silakan anda kunjungi sendiri websitenya di sini atau beberapa Bahan Ajarnya dapat di download pada Link dibawah ini :


MS WORD


Atau


Modul Latihan Office


Atau


Windows XP untuk Pemula


Terdapat link Download yang rusak, atau Pertanyaan, kritik dan saran dapat ditulis pada kolom komentar dibawah ini.


Semoga Bermanfaat dan dapat membantu.

Bahan Ajar TIK SMA Kelas X Semester 1


Pada Posting sebelumnya sudah saya kirimkan contoh Silabus dan RPP, kini agar lengkap, saya akan memberikan juga bahan-bahan ajar untuk mengajar mata pelajaran TIK di SMA.


Untuk Posting kali ini akan saya berikan Bahan ajar TIK SMA untuk kelas X Semester 1


Bahan Ajar ini disusun dan dikembangkan berdasarkan Kurikulum KTSP dan silabus yang telah posting sebelumnya. Untuk semester 1 ini bahan-bahannya terdiri dari 4 (empat) BAB yaitu :
  • BAB 1. Melakukan Operasi Dasar Komputer
  • BAB 2. Fungsi dan proses kerja berbagai peralatan Teknologi informasi dan komunikasi
  • BAB 3. Ketentuan Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi
  • BAB 4. Menggunakan Operating System (Os)
Penyusunan Bahan Ajar TIK SMA Kelas X Semester 1 ini bersumberkan dari :
  • Mahir dan Terampil Berkomputer, Penerbit Grafindo Oleh: Lia Kuswayatno
  • Teknologi Informasi dan komunikasi, Penerbit Erlangga Oleh: Sadiman
  • Kuliah Umum IlmuKomputer.Com, Tutorial Merakit Komputer Oleh: Arif Irwansyah
Semua bahan ajar diatas dapat di download pada Link-link dibawah ini :


TIK SMA X Semester 1 Bab 1

TIK SMA X Semester 1 Bab 2


TIK SMA X Semester 1 Bab 3


TIK SMA X Semester 1 Bab 4


Penyusunan bahan ajar ini, masih banyak terdapat kekurangan disana-sini dikarenakan keterbatasan ilmu Penulis, jadi sangat diharapkan Komentar anda baik berupa Kritik, saran ataupun pertanyaan yang sifatkan membangun demi kesempurnaan dimasa mendatang.


Terdapat link Download yang rusak, atau Pertanyaan, kritik dan saran dapat ditulis pada kolom komentar dibawah ini.


Semoga Bermanfaat dan dapat membantu.
Selengkapnya...

0 komentar:

Posting Komentar

Inget Hari!

Terjemahkan