Minggu, 24 Februari 2013

Cara menampilkan dokumen office (word, excell, power point) di blog





Kebutuhan blog yang didedikasikan sebagai blog education saya kira tidak akan lepas dari menampilkan materi pembelajaran bisa berupa presentasi maupun hasil penilaian peserta didik. Dalam kondisi offline kita dengan mudah membuat file dokumen, presentasi dan laporan daftar nilai siswa dengan menggunakan program aplikasi dari Ms. Office atau menggunakan open office, namun apabila kita ingin menampilkan secara online kadang kita bingung bagaimanile-file dokumen kita secara mudah dan cepat. Sebenarnya fasilitas ini sudah lama disediakana cara menampilkan file yang sudah kita buat di komputer ke blog secara online, dan mudah untuk di edit apabila ada kesalahan. Ternyata eh ternyata, Google sebagai perusahaan raksasa di Internet sudah menyediakan software yang mampu mengonlinekan f Google, cuma kadang kita tidak menggunakanya karena belum adanya kebutuhan untuk menggunakan fasilitas ini.


Pada kesempatan ini kita akan belajar bagaimana cara menampilkan file SpreedSheet (Excel) di blog. Misal disini saya akan menampilkan file daftar nilai siswa.
  1. Login ke halaman http://docs.google.com  dengan account gmail anda, atau bisa juga menggunakan email lain (yahoo atau ymail) yang sudah terverifikasi google.
  2. Upload file excel yang sudah dibuat dikomputer anda
     
  3. Sebelum mengklik tombol start upload beri centang pada convert documents, presentations, and spreedsheet to the coresponding Google Docs formats.
  4. Kemudian buka file excelnya, contoh: klik daftarnilai

  5. Setelah terbuka, kemudian klik Share pilih Publish as a web page dipojok kanan atas.

  6. Kemudian akan muncul kotak yang berisi tentang pilihan dari sheet mana aja yang akan ditampilkan atau bisa juga di pilih semua, lalu klik Start Publishing
  7. Selanjutnya pada pilihan Get a link to publish data pilih HTML to embed in a page

  8. Copy kode yang tampak ke postingan di blog.
  9. Selesai
Kelemahan dari lampiran file di blog ini akan membuat loading page menjadi lambat karena update dari file tersebut dilakukan setiap 5 menit dan data tersebut akan selalu terupdate apabila ada perubahan pada file sumbernya di docs.google.com

Dibawah ini contoh file excel daftarnilai yang sudah berhasil di upload ke doc.google.com


Catatan:
Kode tersebut dimasukan di dalam posting blog dalam mode edit html (bukan compose).

Update 13 April 2012
Pada langkah ke 5 diatas tampilan terbaru setelah file office yang sudah kita upload hasilnya seperti gambar berikut:
Setelah klik sub menu Publish to the Web, maka akan tampil seperti gambar berikut (sama seperti pada langkah 7):
Setelah kode tampil, silahkan anda copy paste ke dalam posting blog anda.

6 komentar:

  1. For more info visit this link https://www.stelladatarecovery.com/recover-excel-file-password.html

    BalasHapus
  2. Zimbra to pst converter software is the exceptional software program to convert all zimbra document records in to pst file. Stella zimbra to pst converter software support all version 32bit and 64bit zimbra document facts in to pst record. Stella zimbra to pst converter software program convert all corrupted and unmounted zimbra report statistics into pst report.
    For greater information go to this hyperlink.
    zimbra to pst converter software

    BalasHapus
  3. 7 zip Password Cracker Stella statistics recovery software program dispose of your 7 zip Password this software Crack 7 zip record Password any types with out troubles take away your 7 zip file Password via three alternatives dictionary attack , brute force attack , mask assault this software program software Crack your 7 zip report Password with out statistics injure of your 7 zip record. You could get higher your 7 zip document Password by means of free Demo model of seven zip document Password recovery.

    how to recover 7zip password

    BalasHapus
  4. For these organizations, the innovation of video conferencing guarantees better reach across the globe and insim wetrust from multi-point client connections

    BalasHapus
  5. Any restless person will bear witness to the way that an absence wellnesspitch of rest adds to tangled thinking, wasteful direction, crabbiness and sorrow.

    BalasHapus

Inget Hari!

Terjemahkan